DASAR DASAR PERENCANAAN LAPANGAN TERBANG

Dalam usaha merencanakan lapangan terbang pada suatu daerah tertentu, kita harus mempunyai beberapa faktor perhitungan tertentu mengingat keuntungan dan keamanan serta kelanjutan dari pada lapangan terbang yang kita bangun :

  1. Pemilihan Lokasi                                                                                                                Keadaan tanah dimana lokasi lapangan  terbang harus di hindari dari daerah perumahan, bangunan pendidikan, rumah sakit dan daerah perindustrian. Hal ini penting karena kerasnya suara yang ditimbulkan. Apalagi dengan adanya pesawat jet diperhitungkan tidak mengganggu lebih kurang 1000 desibel.
  2. Keadaan Atmosfir                                                                                                                 Keadaan disekitar lapangan terbang harus cukup baik dan jangan sampai tercemar asap dari industri ataupun pembakaran hutan secara liar karena hal ini akan mengganggu kelancaran pesawat take off dan landing.
  3. Hubungan Lapangan Terbang Dengan Pusat Kota                                                         Lapangan terbang harus mudah dicapai dengan kendaraan bermotor dari pusat kota. Sehingga para penumpang tidak mendapat kesulitan untuk berpergian. Jarak lapangan terbang dengan pusat kota sebaiknya berkisar antara 15-20 km.
  4. Obstruction                                                                                                                           Jangan sampai ada gangguan ataupun rintangan daripada bermacam-macam bangunan yang bertingkat tinggi, bukit-bukit dan pohon.
  5. Harus Tersedia Tanah Yang Cukup Luas                                                                         Persediaan tanah harus cukup luas yang dicadangkan untuk perluasan dan perkembangan lapangan dimasa datang.
  6. Jarak Dengan Lapangan Terbang Lain                                                                             Untuk jarak dengan lapangan terbang yang lain ini tergantung dari pesawat-pesawat jenis apa yang akan menggunakan lapangan tersebut disesuaikan dengan perencanaan menurut kebutuhan daerah setempat dan perkembangannya.

Disamping beberapa faktor diatas masih ada lagi beberapa faktor teknis yang tidak kalah pentingnya dalam merencanakan luasnya lapangan terbang. Faktor-faktor tersebut antara lain :

  • Performance Characteristcs ( sifat-sifat pesawat )
  • Plane Movement Perhour ( banyaknya lalu-lintas )
  • Faktor Meteorologi
  • Elevasi
  • Noise ( suara )

About aguskarsayudha

Simpel, Aktif, Kreatif
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s